alat-bantu-dengarAlat untuk bantu pendengaran merupakan alat yang digunakan agar dapat membantu menangkap atau mendengar suara dengan lebih jelas. Alat ini sangat berguna bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran, baik gangguan ringan maupun berat seperti tuli. Adanya alat bantu dengar ini tentunya sangat membantu bagi teman-teman penderita tuna rungu khususnya untuk bisa berkomunikasi dengan orang disekitarnya.

Namun menggunakan alat bantu untuk pendengaran ini pun tidak boleh sembarangan. Kita harus pintar-pintar dalam memilih alat bantu untuk pendengaran agar dapat digunakan sesuai fungsinya. Karena ada pula penderita yang mengalami masalah karena alat bantu pendengaran yang dipakai ternyata tidak cocok dengan kebutuhannya. Apalagi bagi mereka yang pertama kali akan menggunakan alat untuk bantu pendengaran ini, maka wajib memperhatikan tips berikut untuk memilih alat bantu pendengaran yang berkualitas :

  • Periksa Alat Bantu dengan Teliti

Sebelum memilih alat untuk bantu pendengaran, sebaiknya periksakan dulu dengan jelas derajat gangguan yang diderita ke dokter THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan). Setiap gangguan pendengaran memiliki tingkatannya masing-masing sehingga memerlukan alat bantu untuk pendengaran yang berbeda pula.

Alat bantu dengar yang baik dapat membantu saat terjadi penurunan tingkat gangguan atau peningkatan tingkat gangguan pendengaran. Artinya masih terdapat jarak yang longgar untuk mengatur alat tersebut sesuai dengan derajat gangguannya. Sebagai saran, pemeriksaan tingkat gangguan ini lebih baik dilakukan oleh dokter ahli THT.

  • Mencari Informasi Seputar Alat Bantu Pendengaran

Rajin-rajinlah untuk mencari informasi tentang jenis atau merek alat bantu untuk pendengaran yang bagus. Kalau perlu, tanyakan pada keluarga atau kerabat yang mungkin mempunyai kenalan tunarungu atau yang penderita tunarungu untuk merekomendasikan alat unutk bantu pendengaran yang memiliki kualitas baik

  • Memilih Alat Bantu Pendengaran yang Sesuai

Pilih alat untuk bantu pendengaran yang sesuai dengan dana pribadi. Harga mahal tidak selalu memberikan kualitas yang paling baik. Kembali lakukan pencarian informasi jika ada alat bantu untuk pendengaran yang bagus namun harganya sesuai dengan dana yang tersedia.

  • Memeriksa Kelebihan dari Alat Bantu Pendengaran¬†

Alat bantu untuk pendengaran memiliki bermacam kemampuan sehingga perlu memilih alat untuk bantu pendengaran yang sesuai keinginan. Cek juga apakah alat bantu untuk pendengaran tersebut bisa berfungsi pula untuk menonton televisi, membantu saat rapat, atau sekadar menghadiri pertemuan dengan kerabat.

  • Mengetes Alat Bantu Dengar Secara Teliti

Lakukan tes alat untuk bantu pendengaran tersebut dengan teliti dan benar. Cara mencoba alat untuk bantu pendengaran yang benar adalah memakainya beberapa saat di tempat yang berbeda. Perhatikan kejelasan suara yang ditangkap alat tersebut di tempat yang berbeda tingkat kebisingannya. Lakukan pula tes ini pada ruangan yang tenang dan timbulkan suara-suara untuk mengetahui ketajaman alat untuk bantu pendengaran tersebut.

  • Memeriksa Aksesories Alat untuk Bantu Dengar¬†

Perhatikan pula aksesoris alat untuk bantu pendengaran tersebut seperti earbuds. Earbuds sangat penting karena berpengaruh pada kenyamanan saat memakai alat bantu untuk pendengaran. Apalagi, jika alat bantu dengar tersebut dipakai dalam waktu yang terus menerus. Jika tidak nyaman, meski suara yang dihasilkan jernih, lebih baik ganti dengan model yang lainnya.

  • Pilih Alat Bantu untuk Dengar Sesuai dengan Kebutuhan¬†

Saat ini alat bantu untuk dengar terdiri dari berbagai model dan warna yang menarik. Ada empat model berdasarkan cara memakai alat untuk bantu pendengaran yaitu model belakang telinga, model receiver walkman, model dalam canal, dan model dalam telinga. Apapun model dan warnanya, tetap utamakan kejernihan suara yang ditangkap dan kenyamanan saat memakainya.

Pengguna pemula biasanya akan beradaptasi saat memakai pertama kali memakainya. Namun lama-kelamaan, pasti akan merasa nyaman jika sudah terbiasa. Alat untuk bantu pendengaran memang tidak membuat pendengaran kembali normal seperti sedia kala, namun setidaknya mampu menangkap suara dan membantu dalam berkomunikasi atau beraktivitas. Karena mahalnya alat bantu dengar ini maka pilihlah alat yang benar-benar sesuai kebutuhan agar tidak mengalami masalah saat memakainya. Kalau memang memungkinkan, lakukan penawaran dengan harga terbaik saat membeli alat bantu untuk dengar.