Merek dari alat bantu dengar merupakan hal penting yang harus diketahui sebelum memutuskan membeli alat bantu untuk dengar. Secara sederhana, alat bantu untuk dengar merupakan alat yang digunakan untuk membantu penderita gangguan pendengaranagar agar bisa mendengarkan suara sebagaimana orang normal lainnya. Biasanya alat ini digunakan pada bagian dalam telinga atau daerah sekitar telinga.

Fungsi alat bantu ini untuk memperkuat rangsangan pada bagian sel-sel sensorik telinga bagian dalam yang rusak dalam menerima bunyi-bunyian dari luar. Alat ini menggunakan baterai sebagai sumber energi. Cara kerja alat ini dimulai dari mikrofon yang mengubah gelombang suara menjadi energi listrik. Selanjutnya, energi listrik diterima amplifier yang dapat memperbesar volume suara dan mengirimnya pada speaker yang ada pada bagian dalam telinga.

Sebelum menggunakan alat bantu ini, sebaiknya memeriksakan terlebih dahulu ambang pendengaran menggunakan audiogram. Setelah mendapatkan hasilnya, barulah dapat ditentukan jenis, model, dan merek alat bantu untuk dengar yang cocok yang untuk kasus kerusakan pendengaran yang dialami.

Bentuk-bentuk alat bantu dengar ada tiga macam, yaitu model dalam telinga (ITE), model belakang telinga (BTE), dan bentuk canal. Model ITE biasa digunakan penderita gangguan telinga ringan hingga kategori sedang. Dari segi kenyamanan, alat ini memang bisa diandalkan, karena diletakkan di dalam telinga. Dalam alat ini terpasang komponen kecil, yang disebut telecoil, yaitu berupa kumparan magnet kecil, sehingga alat tersebut nyaman digunakan ketika bertelepon. Sementara itu, model belakang telinga (BTE) digunakan pada belakang telinga. Orang dengan kondisi kerusakan pendengaran ringan hingga berat bisa memakai jenis ini. Pada alat ini terdapat komponen cetakan telinga yang berfungsi sebagai penjernih suara.

Ada dua macam bentuk canal yang umum digunakan, yaitu ITC dan ICC. alat bantu dengar ICT bentuk dan ukurannya bisa disesuaikan dengan telinga penggunanya. Umumnya ukuran alat ini tergolong kecil. Sedangkan, jenis ICC diletakkan di bagian dalam saluran telinga. Secara keseluruhan kedua alat ini sangat nyaman digunakan, karena ukurannya cukup kecil. Hanya saja kedua alat bantu ini tidak memiliki cukup ruang yang besar untuk menyimpan cadangan baterai dan mikrofon.

Ada begitu banyak merek alat bantu dengar yang tersedia di pasaran. Masing-masing merek tentu menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Agar dapat menentukan pilihan yang tepat, sesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Meski demikian, ada beberapa merek alat bantu pendengaran yang layak direkomendasikan, seperti Advanced Bionics, Audio Service, Bernafon, Exsilent, Neuromonics, Siemens, dan Starkey. Berikut ulasannya:

1. Bernafon

bernafonBernafon adalah salah satu merek alat bantu dengar yang diproduksi oleh perusahaan asal Swiss. Perusahaan ini memiliki tujuan untuk membantu para penderita gangguan pendengaran agar dapat mendengar dan berkomunikasi dengan lebih baik.

Kecanggihan alat bantu untuk pendengaran merek ini tak perlu diragukan lagi. Kecanggihan dalam setiap produknya telah mengangkat profil perusahaan menjadi salah satu penghasil salah satu merek alat untuk bantu pendengaran terbaik.

2. Advanced Bionics

advanced-bionicsAdvanced Bionics merupakan salah satu merek alat bantu dengar yang cukup banyak digunakan oleh penderita gangguan dengar. Alat ini merupakan produk perusahaan terkemuka dalam pengembangan sistem koklea implan paling canggih di dunia.

Perusahaan ini menawarkan lima kali resolusi suara lebih tinggi dibandingkan para pesaingnya. Advanced Bionics sudah beroperasi di 50 negara.

3. Siemens

siemensTak hanya terkenal sebagai merek berbagai produk elektronik dan gawai, Siemens rupanya juga memproduksi alat bantu untuk pendengaran juga.

Siemens merupakan perusahaan teknologi yang menawarkan berbagai inovasi dalam pengembangan alat bantu pendengaran selama berpuluh tahun. Perusahaan ini selalu menawarkan produk-produk terbaik, seperti Vibe, Pure, dan Explorer.

4. Audio Service

audio-serviceAudio Service merupakan salah satu alat bantu dengar yang cukup populer. Audio Service sudah mengembangkan sistem pendengaran di Herford selama 30 tahun. Para ahli di perusahaan ini melakukan penelitian, pengembangan, dan produksi terus mencari inovasi untuk melakukan peningkatan pengalaman mendengar.

5. Exsilent

exsilentExsilent adalah sebuah merek alat untuk bantu dengar yang cukup terkemuka. Pengembang alat ini yakni sebuah perusahaan asal Belanda yang modern.

Tujuan perusahaan pembuat Exsilent ini yaitu untuk membantu menyelesaikan beberapa masalah alat bantu yang umum dialami oleh para penderita gangguan pendengaran.

6. Starkey

starkeyStarkey merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi alat bantu pendengaran yang berpusat di Eden, Amerika Serikat. Pabrikan yang sudah berdiri sejak 1976 ini, merupakan penyedia alat bantu dengar dengan teknologi canggih, sehingga meningkatkan kemampuan pendengaran para penderita gangguan pendengaran.

7. Neuromonics

neuromonicsSalah satu perusahaan alat perawatan kesehatan yang fokus membantu penderita tinnitus agar memiliki kualitas hidup lebih baik ialah Neuronomics. Neuromonics adalah satu-satunya pabrikan dan distributor alat medis yang sudah mendapatkan ijin dari Food and Drug Adminitration (FDA) AS.

Alat bantu yang dibuat sudah dipatenkan dan teruji secara klinik yang dirancang untuk meringankan penderita tinnitus dalam jangka panjang.

Merek alat bantu dengar ini telah mengalami perkembangan dari model pertama hingga model terbaru. Perkembangan alat bantu untuk pendengaran ini misalnya Model Generasi Micro Style, Model Nirkabel, dan Implan Telinga Tengah (MEI). Sesuai namanya, Model generasi Micro Syle memiliki ukuran yang kecil dan tipis. Alat ini biasanya disembunyikan di bagian belakang telinga. Ukurannya yang mungil membuat pengguna merasa nyaman dan sehingga merasa seperti tidak menggunakan alat bantu.

Sementara itu, Model Nirkabel merupakan alat bantu dengar yang memanfaatkan jaringan nirkabel yang dikembangkan seperti pada pemakaian radio FM untuk membantu proses belajar mengajar anak-anak dengan gangguan pendengaran akibat suara bising. Alat bantu ini dilengkapi dengan aplikasi bluetooth dalam penggunaannya. Berbeda halnya dengan Implan telinga tengah (MEI) yang digunakan dengan melekatkan seperangkat alat berukuran mini di dalam telinga. Cara kerja alat ini adalah menggetarkan tulang telinga dan memperkuat volume suara yang masuk ke dalam telinga, sehingga memaksimalkan pendengaran.